Monday, December 21, 2009



SABAR DALAM UJIAN DAN DUGAAN ALLAH SUBHANAHU WATA'ALA

Sesungguhnya ujian dan dugaan yang datang bertubi-tubi menerpa hidup manusia merupakan satu ketentuan yang telah ditetapkan oleh Allah Azza wa Jalla. Tidak satu pun diantara kita yang mampu menghalau ketentuan tersebut.

Keimanan, keyakinan, tawakkal dan kesabaran yang kukuh dan kuat amatlah diperlukan oleh setiap orang hambanya dalam menghadapi berbagai dugaan yang menimpanya. Sehingga tidak menjadikan dirinya berburuk sangka kepada Allah Subhanahu wata’ala terhadap apa yang telah ditentukan baginya.

Oleh karena itu, dalam keadaan apapun seorang hamba yang beriman kepada-Nya harus sentiasa berbaik sangka kepada Allah. Dan haruslah diyakini bahwa tidaklah Allah menurunkan berbagai musibah melainkan sebagai batu ujian atas keimanan yang mereka miliki. Allah Ta’ala berfirman :

“Apakah kalian mengira bahwa kalian akan masuk ke dalam surga, padahal belum datang kepada kalian (dugaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kalian? Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam goncangan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang bersamanya : Bilakah datang pertolongan Allah? Ingatlah sesungguhnya pertolongan Allah amatlah dekat.” (Al Baqarah : 214)
Kesabaran merupakan perkara yang amat dicintai oleh Allah dan sangat diperlukan bagi seorang muslim dalam menghadapi ujian dan dugaan yang dialaminya.

Semoga Allah menganugerahkan kepada kita keperibadian yang tinggi dalam menghadapi berbagai dugaan di dunia ini dan begitu juga kembali ke Akhirat kelak, dalam keadaan memperolehi redha-Nya. Amin ya Rabbal ‘alamin.

No comments:

Post a Comment